kegiatan pemuda

Jumat, 25 Juni 2010

Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan kita di masa kini, teknologi membawa dampak yang sangat kuat. Nyaris semua bidang pendidikan masa kini sudah tersentuh oleh teknologi. Mulai dari yang paling sederhana sekalipun sudah tersentuh oleh teknologi.

Contohnya adalah adanya sebuah web site ataupun web log yang mengusung tema pendidikan dengan segala pernak-perniknya. Semua hal yang bersifat pendidikan diulas dan dibahas habis sampai ke akarnya.

Contoh dari web site yang mengusung tema pendidikan misalnya http://www.e-smartschool.com/, http://www.e-dukasi.net, dan lain-lain. Web-web tersebut konsisten mengusung pendidikan sebagai temanya. Apapun alasan dibalik realita tersebut tidaklah jadi soal. Yang paling utama dari semua itu adalah bahwa pendidikan yang notabene hal membosankan bagi kebanyakan orang, ternyata masih mendapatkan tempat.

Contoh lain adalah :
1. Peralatan kelas. Proyektor : membuat materi pelajaran makin mudah dimengerti. Pengeras suara : makin banyak peserta bisa mengikuti di kelas.

2. Internet. Materi pelajaran tersedia dimana-mana. Lo bisa ikut liat rekaman kuliah universitas di Amerika lewat youtube. Dari internet ini juga siswa-siswa di daerah bisa ngikuti perkembangan bidang ilmu mereka. Lewat internet, siswa bisa download buku teks (kalo ada), trus bisa cari jurnal (lewat langganan atau minta langsung ke penulisnya).

3. Administrasi. Gw denger sekarang di banyak sekolah siswa bisa ngurus administrasinya lewat internet ya, misalnya ngurus DNS. Kemajuan di bidang perbankan juga bikin siswa bisa bayar sekolah lewat autodebet.
Namun peranan teknologi di zaman kini belumlah bisa dimaksimalkan oleh pemuda kita. Sebagai bukti, tengok prestasi kaum pendahulu kita dengan segala keterbatasannya. Bandingkan dengan semakin manjanya pemuda kita dengan teknologi tetapi kurang prestasi. Bukan maksud untuk mengecilkan peranan pemuda masa kini, tetapi paling tidak semoga tulisan ini mampu membangkitkan semangat pendidikan di era teknologi.

Comments :

0 komentar to “Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by pemuda dan teknologi

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger